Zoom - Trend Aplikasi Teleconference di Tengah Pandemi

Zoom - Trend Aplikasi Teleconference di Tengah Pandemi - Yoosssh... Kalian pasti sudah mengetahui tentang Aplikasi yang satu ini kan? yosh... ini adalah Aplikasi Zoom, Aplikasi yang digunakan untuk Teleconference atau live streaming.


Kali ini Kang Bayu akan mengulasi mengenai Aplikasi ini, bagi kalian yang sudah master harap minggir dulu, karena ini adalah ulasan dasar mengenai Aplikasi Zoom.


Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang ini masih dalam masa Pandemi Wabah Covid 19 (menurutku sih wabahnya sudah selesai ya... tinggal proyeknya saja yang belum selesai... wkwkkwkwk)


Meskipun begitu masih banyak Sekolah dan Perguruan Tinggi yang masih belum diperbolehkan untuk melaksanakan pendidikan dan perkuliahan Luring (Luar Jaringan). Karena itu, Siswa dan Guru dituntut untuk bisa melaksanakan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan).


Alternatif yang bisa digunakan ya tentu saja melakukan teleconference menggunakan aplikasi,


Banyak sekali aplikasi teleconference yang disediakan di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar, ada pula yang harus berlangganan.


Aplikasi zoom adalah salah satu Aplikasi Teleconference yang paling popular saat ini, karena fiturnya yang lumayan banyak serta Gratis (untuk 100 orang peserta).


Berikut adalah tampilan utama Aplikasi Zoom



FITUR APLIKASI ZOOM


Pertemuan rapat one-on-one.


Host atau tuan rumah dapat melakukan pertemuan persatuan atau one-one-one tanpa batas bahkan dengan paket gratis sekalipun. Anda juga dapat dengan mudah melakukan manage terhadap user yang bergabung pada Konferensi meeting Anda dengan menggunakan Aplikasi Zoom.


Konferensi rapat grup video.


Kalian dapat mengajak hingga 500 orang peserta jika Anda membeli add-on untuk rapat besar. Namun paket gratis memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat format video hingga 40 menit dan sampai 100 peserta. Zoom sangat mudah digunakan bahkan dengan koneksi yang lambat sekalipun.


Sharing screen & Chat


Peserta dapat bertemu dalam format one-one-one atau dengan kelompok besar serta berbagi layar Anda dengan peserta lain sehingga mereka dapat melihat apa yang Anda lihat. Hal ini sangat berguna bagi kita yang menggunakan Zoom untuk rapat perkejaan, mempresentasikan proyek dengan client, dan lainnya.

 
Untuk peserta juga dalam melakukan Chat kesemua user atau juga keuser lain secara Private. Fitur ini sangat bermanfaat untuk diskusi antar peserta yang hadir untuk rapat dan Conference. Bisa juga dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan menginformasikan pertanyaan pada Fitur Chat ini.

Fitur Recording Video Call

Satu lagi yang tidak kalah keren dari Zoom, Kita bisa melakukan Recording atau merekam Video Call yang kita lakukan, hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang melaksanakan Video Conference dimana nantinya videonya akan di upload kembali atau di edit agar lebih baik sebelum di publikasi ke umum.


Bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi ini silakan download DISINI


Bila ada pertanyaan, silakan kalian tulis saja di kolom komentar di bawah ini. Arigatou

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post