Blogging Tutorial 2 : Jenis-Jenis Blog dan Platform Penyedia Blogging

kangbayu.my.id - Ketika kita akan membuat sebuah blog, terkadang kita bingung ingin membuat blog tentang apa. apakah hanya sekedar catatan harian seperti diary, atau membuat blog tentang makanan, atau tempat-tempat tertentu, atau juga mungkin kita ingin membuat blog untuk menampilkan karya-karya tulis yang kita miliki.

Ada beberapa jenis blog yang perlu kita ketahui sebelum kita membuat sebuah blog agar kita bisa fokus tentang konten yang akan kita tuliskan di dalam postingan blog kita.

Jenis-Jenis Blog

Berikut ini merupakan beberapa jenis blog yang paling sering digunakan yang mencakup kebutuhan personal hingga skala enterprise.

1. Blog Pribadi

Blog jenis ini dapat dimanfaatkan oleh setiap orang untuk hanya sekedar memberikan informasi terbaru berdasarkan pengalaman atau menambahkan kutipan dari narasumber terpercaya. Selain itu, blog pribadi juga tidak terikat oleh aturan dan anda bebas untuk mengekspresikan atau menuangkan buah pikiran anda dengan tepat.

2. Blog Bisnis

Kedua, jenis ini cenderung mengarah pada pembuatan konten artikel yang mencakup pemasaran digital atau biasa disebut dengan content marketing. Jadi, anda dapat memanfaatkan teknik SEO secara tepat untuk dapat menunjang kualitas konten serta mampu meningkatkan posisi ranking halaman pada situs pencarian Google.

3. Blog Profesional

Dan yang terakhir, anda juga dapat membangun blog untuk meningkatkan branding sesuai dengan kemampuan dan skill anda. Cara ini terbukti cukup efektif, namun memiliki beberapa batasan tertentu sebelum mempublikasikan konten artikel kepada pembaca.

Misalnya saja, anda dapat membuat konten yang berhubungan dengan keahlian masing – masing individu. Apabila memiliki hobi atau pekerjaan di bidang pengembangan website, maka dapat mencoba dengan membuat artikel seputar proses teknis, tools dan tahapan development.

Macam-Macam Platform Penyedia Blogging

Setelah kita mengetahui jenis blog yang akan kita buat, maka kita bisa memilih platform penyedia blogging. Ada beberapa platform penyedia blogging dari yang gratis sampai yang berbayar.

Berikut adalah macam-macam platform penyedia blogging :

1. Blogger

Siapa yang tidak tahu dengan platform yang satu ini, platform milik Google yang sudah mendunia dan dipakai oleh banyak orang, bisa dibilang Blogger adalah platform blogging gratis tapi lengkap.


Anda bisa memonetize blog yang Anda miliki agar bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan biaya, fitur yang dimiliki Blogger pun cukup banyak, Anda akan mendapatkan subdomain blogspot (dot) com jika menggunakan platform ini.

2. WordPress

Banyak orang mengatakan bahwa WordPress adalah pesaing terdekat dari Blogger, saya sih setuju – setuju saja. WordPress ada dua macam, yaitu WordPress (dot) com dan WordPress (dot) org, jika Anda menginginkan blog gratis maka Anda harus menggunakan WordPress (dot) com dengan subdomain yang sama, tapi sayangnya Anda tidak akan bisa memonetize blog Anda karena pihak WordPress tidak mengijinkan adanya iklan dan java script.

Jika Anda menginginkan blog yang profesional Anda bisa menggunakan WordPress (dot) org dengan syarat Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri, wordpress (dot) org biasa disebut dengan Wp SelfHosting, jadi terpaksa Anda harus mengeluarkan biaya untuk menghidupi hosting Anda.
 
WordPress memiliki banyak sekali plugin – plugin yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas blog Anda, jadi Worpress self hosting sangat di rekomendasikan oleh Blogger – Blogger sukses diluar sana untuk membuat blog yang bagus dan tentunya bernilai jika akan dijual.

3. MyWapBlog

Apa Anda tahu mengenai mywapblog atau yang biasanya disebut dengan MWB ?

Platform ini memang masih baru, dibuat pada tahun 2008 oleh seorang pemuda dari India, sebenarnya MWB di khususkan untuk orang – orang yang tidak memiliki PC atau laptop tetapi ingin memiliki sebuah blog, maka dari itu terciptalah MWB yang mudah di kelola lewat ponsel ataupun PC.


Sebagai blog baru, MWB bisa dibilang cukup sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia, karena 90% user MWB adalah orang Indonesia yang rata – rata masih sekolah. Saya mengenal MWB pada tahun 2011 kala itu MWB masih menggunakan bahasa inggris tapi saya menelantarkan blog buatan saya itu selama kurang lebih hampir 2 tahun hingga pada akhir tahun 2013 saya mencoba membukanya lagi, ternyata kini bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa kedua di MWB.
 
Tapi sayang MWB tidak support java script dan masih banyak iklan bawaan.

Mari kita lihat dari segi SEO

Nama domain MWB memiliki tiga kata yaitu My, Wap dan Blog tidak seperti Blogger dan Worpress yang hanya memiliki dua kata, yaitu Blog dan Spot untuk Blogger, Word dan press untuk WordPress.
Selain itu MWB memiliki beberapa pilihan domain seperti heck.in pun.bz mwb.im faa.im dan juga mywapblog.com

Jadi bisa kita lihat bahwa MWB memiliki domain yang lebih SEO dibandingkan kedua pesaingnya.
Tapi jika kita lihat dari banyaknya plugin yang dimiliki masing – masing platform maka WordPress lah yang paling banyak memiliki plugin untuk menambah SEO sebuah blog.

4. Drupal

Selanjutnya ada juga salah satu dari berbagai macam CMS untuk membuat website yang sedang populer, yaitu Drupal. Bagi yang belum tahu Drupal, CMS ini juga sama seperti WordPress, yang dimana masih bersifat open source dan hingga sampai saat ini sudah ada ribuan pengembang dan juga komunitas yang ikut merawat serta mengembangkannya.


Selain itu, Drupal juga merupakan salah satu CMS yang menggunakan lisensi GPL. Kemudian untuk bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP. Uniknya, Drupal juga bisa menggunakan beberapa pilihan database dengan jenis yang berbeda, seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, MariaDB, dan lain sebagainnya.

5. Joomla

Joomla ini sama sama menggunakan lisensi GPL dan juga masih bersifat open source seperti yang dimiliki Drupal tadi. Sehingga sampai saat ini, Joomla bisa dikembangkan oleh siapa saja dan ada juga komunitas pengembangan website. Sama dengan WordPress, Joomla ini juga masih menggunakan bahasa pemrograman PHP serta MySQL sebagai database.



Terdapat beberapa fitur menarik dari Joomla yang dimana mereka menawarkan system cache memiliki fungsi untuk meningkatkan performa suatu website, blogs, RSS, dan lain sebagainya. Joomla merupakan salah satu CMS website gratis yang bisa kamu gunakan untuk membangun blog pribadi atau company profile.

6. Aura CMS

Akan terasa kurang jika tidak membahas tentang CMS buatan anak Indonesia. Memang benar, Aura ini merupakan CMS asli buatan anak bangsa dan cocok digunakan untuk membangun website pribadi dan bisa juga untuk membangun website perusahaan.


Memang benar bahwa, CMS ini tidak se familiar seperti CMS lainnya, karena kurangnya dukungan dari developer maupun komunitas yang ada. Sebenarnya memang sangat sayang sekali jika buatan anak bangsa sulit berkembang seperti ini.

Kesimpulannya, semua platform blog sama saja, ada yang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, jangan salahkan platform yang Anda pakai jika blog Anda tidak memiliki trafik yang tinggi tapi salahkan diri Anda kenapa Anda tidak bisa membuat blog Anda menjadi yang terbaik.
 
Anda bisa sukses dengan platform blogging manapun asalkan niat dalam mengelolanya. itu semua kembali lagi ke diri kita mau menggunakan platform blogging yang mana.

Kalau Anda?

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post