Cara Mereset dan Setting Dasar Router ZTE

Oke jadi di sini saya akan sampaikan urutan cara mereset router Indihome sendiri tanpa bantuan teknisi, khususnya untuk router ZTE, untuk merk lain mungkin bisa menyesuaikan.

1. Hidupkan router/ modem IndiHome sampai lampu indikator nyala normal seperti biasa

2. Dalam posisi router nyala, colok lubang reset yang biasanya berada di samping router, menggunakan sim card ejector, atau mungkin tusuk gigi yang memungkinkan masuk di lubang reset. Tekan lubang reset sampai bunyi klik selama beberapa detik sampai lampu indikator mati semua dan router melakukan restart. Setelah lampu power nyala (restart) baru lepaskan tombol reset dari colokan.


3. Tunggu sampai router menyala normal, sampai lampu indikator nyala normal semua. Dalam kondisi normal biasanya lampu indikator yang menyala minimal lampu Power, PON, Internet, dan Wifi, lampu lain tambahan saja.

4. Setelah ini seharusnya router Indihome anda sudah kembali ke pengaturan awal (reset). Nama dan password Wifi sudah balik ke awal, balik ke nama bawaan router. Nama dan password Wifi bawaan router biasanya sudah tertulis di bawah router misal seperti ini.


5. Lakukan beberapa setingan lagi untuk mengatur Wifi.

6. Sambungkan smartphone ke Wifi Indihome, dengan nama dan password yang ada di bawah router, seharusnya jika modem anda sudah direset, koneksi internet Indihome akan tetap berjalan normal.


7. Buka browser, misal Chrome, dan ketik di address bar 192.168.1.1 kemudian enter, kemudian login menggunakan
username: user
password: user

Biasanya untuk router ZTE username dan password nya adalah user, kalau gagal bisa pakai
username: admin
password: admin

8. Yang pertama, untuk kemanan ganti login password web admin. Masuk ke menu Administration >> ganti password login, kalau username gak bisa diganti, masukkan old password user, kemudian new password terserah anda yang penting gampang diingat, kemudian klik tombol Submit di sebelah kanan bawah. Ini untuk mengganti password login ke 192.168.1.1.


9. Setelah diganti jika anda otomatis logout, masuk lagi ke 192.168.1.1 dan login lagi menggunakan password baru.

10. Masuk ke menu Network >> SSID Settings >> SSID Name ganti dengan nama Wifi sesuai keinginan, kemudian klik tombol Submit di sebelah kanan bawah. Biasanya setelah ini sambungan Wifi akan terputus, sambungkan lagi ke Wifi.


11. Masuk lagi ke 192.168.1.1 kemudian pilih lagi di menu Network >> Security >> pastikan Auth Type pilih WPA/WPA2-PSK, kemudian di WPA Pass ganti password Wifi sesuai selera anda. Untuk WPA Encryption pilih TKIP+AES, kemudian klik tombol Submit lagi, sambungan Wifi akan terputus lagi, sambungkan lagi dengan password baru


Oke, sampai di sini sebenarnya tutorial basic reset router Indihome sudah selesai. Nama dan password Wifi sudah diganti, login ke Web GUI ZTE juga sudah diganti, paling tidak anda sudah mengamankan koneksi Indihome anda. Untuk pengaturan yang lain silahkan anda cari saja artikel yang mendukung.

Oke, sekian dulu tutorial dari saya mengenai cara reset router Indihome, khususnya router ZTE dengan aman tanpa harus memanggil teknisi Indihome. Jadi pada dasarnya untuk sekedar mereset router Indihome ini bisa dilakukan sendiri, gak seperti pada saat masih Speedy. Tapi jika anda memang belum mengerti betul tentang tutorial ini atau mungkin malah tambah parah, koneksi Indihome tetap gak bisa normal, sebaiknya anda hubungi langsung CS Indihome/ Telkom, biar teknisi yang menangani. Sekian, semoga bermanfaat.

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post