Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Linux


KANGBAYU.MY.ID
- Linux adalah kata kunci dan Anda terus mendengar tentang Linux di sana-sini. Orang-orang mendiskusikannya di forum teknologi, ini adalah bagian dari kurikulum kursus dan YouTuber teknologi favorit Anda bersemangat saat menunjukkan versi Linux mereka. Pengembang 10x yang Anda ikuti di Twitter semuanya adalah penggemar Linux.

Pada dasarnya, Linux ada di mana-mana dan semua orang terus membicarakannya. Dan itu memberi Anda FOMO (Fear of missing out).

Jadi, Anda bertanya-tanya tentang kelebihan Linux dan apakah itu benar-benar pantas untuk dicoba.

Saya telah menyusun berbagai kemungkinan kelebihan dan kekurangan Linux dalam artikel ini.

Jika Anda ragu untuk memilih Linux daripada sistem operasi pilihan Anda, kami ingin membantu Anda. 

Sebelum Anda mulai, Anda harus tahu bahwa Linux bukanlah sistem operasi yang berdiri sendiri. Sistem operasinya disebut distribusi Linux dan jumlahnya ratusan . Untuk kesederhanaan, saya akan membahasnya sebagai OS Linux, bukan distribusi Linux tertentu. Artikel ini menjelaskan hal-hal yang lebih baik.

Keuntungan Menggunakan Linux

Mengingat Anda penasaran dengan Linux sebagai alternatif pilihan sistem operasi, wajar saja jika Anda mengetahui kelebihannya.

Anda mungkin tidak akan pernah menyesali keputusan Anda jika itu unggul dalam apa yang Anda inginkan.

Tidak Perlu Membeli Lisensi

Anda harus memiliki perangkat Apple untuk menggunakan macOS sebagai driver harian Anda dan lisensi Windows untuk menggunakan Microsoft Windows.

Oleh karena itu, Anda memerlukan sedikit investasi dengan opsi ini. Tapi, dengan Linux? Ini sepenuhnya gratis.

Tidak hanya OS, ada banyak paket perangkat lunak yang tersedia secara gratis di Linux jika dibandingkan dengan Windows dan macOS.

Anda dapat mencoba setiap distribusi Linux utama tanpa membayar lisensi. Tentu saja, Anda mendapatkan opsi untuk menyumbang untuk mendukung proyek, tetapi itu terserah Anda jika Anda benar-benar menyukainya.

Selain itu , Linux sepenuhnya open-source, artinya siapa pun dapat memeriksa kode sumber untuk transparansi. 

Dapat Berjalan Dengan Sumber Daya Sistem Minimal

Biasanya, ketika pengguna berpikir untuk mencoba sistem operasi lain, itu karena mereka frustrasi dengan kinerja sistem mereka. 

Ini dari pengalaman pribadi saya. Saya punya teman yang mau mencoba Linux untuk menghidupkan kembali laptop lama mereka atau sistem yang terus-menerus lag.

Dan, ketika datang ke distribusi Linux, mereka mampu berjalan pada konfigurasi perangkat keras yang layak. Anda tidak perlu memiliki yang terbaru dan terhebat. Selain itu, ada distribusi Linux ringan khusus yang dirancang untuk berjalan pada perangkat keras lama tanpa gangguan.

Jadi, Anda memiliki lebih banyak peluang untuk menghidupkan kembali sistem lama Anda atau mendapatkan komputer berkinerja cepat dalam waktu singkat dengan Linux.

Kurang Terkena Malware

Tidak ada sistem operasi yang aman dari file atau skrip berbahaya. Jika Anda mengunduh dan menjalankan sesuatu dari sumber yang tidak dikenal, Anda tidak dapat menjamin keamanannya.

Namun, segalanya lebih baik untuk Linux. Ya, para peneliti telah menemukan penyerang yang menargetkan perangkat IoT Linux. Namun, untuk Linux desktop, ini bukanlah sesuatu yang “belum” perlu dikhawatirkan.

Pelaku jahat menargetkan platform yang lebih populer di kalangan rumah tangga, dan Linux tidak memiliki pangsa pasar yang besar di ruang desktop untuk menarik perhatian semacam itu. Di satu sisi, itu bisa menjadi hal yang baik.

Yang harus Anda lakukan hanyalah tetap berpegang pada paket perangkat lunak resmi, dan membaca instruksi sebelum Anda melakukan apa pun. 

Sebagai tambahan plus, Anda tidak perlu program antivirus untuk mendapatkan perlindungan dari malware.

Kustomisasi

Dengan kode sumber terbuka, Anda mendapatkan kebebasan untuk menyesuaikan pengalaman Linux Anda sebanyak yang Anda inginkan.

Tentu saja, Anda memerlukan sedikit keahlian teknis untuk memanfaatkan yang terbaik. Bahkan tanpa pengalaman apa pun, Anda mendapatkan lebih banyak fitur penyesuaian di sistem operasi Anda jika dibandingkan dengan macOS dan Windows.

Jika Anda ingin mempersonalisasi pengalaman Anda dan bersedia melakukan upaya ekstra, Linux adalah untuk Anda. Sebagai contoh, lihat panduan penyesuaian KDE dan opsi dock untuk mendapatkan ide dasar.

Sesuatu untuk semuanya

Dengan macOS atau Windows, Anda terbatas pada pilihan desain/preferensi yang diselesaikan oleh Microsoft atau Apple.

Tapi, dengan Linux, Anda akan menemukan beberapa distro Linux yang mencoba fokus pada berbagai hal.

Misalnya, Anda dapat memilih distribusi Linux yang berfokus untuk mendapatkan fitur terbaru setiap saat, atau Anda dapat memilih sesuatu yang hanya memberi Anda pembaruan keamanan/pemeliharaan.

Anda bisa mendapatkan sesuatu yang terlihat cantik di luar kotak atau sesuatu yang Anda berikan opsi penyesuaian yang gila. Anda tidak akan kehabisan pilihan dengan Linux.

Saya sarankan memulai dengan opsi yang memberi Anda pengalaman pengguna terbaik .

Lingkungan Pengembangan Lengkap

Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak atau siswa yang belajar kode, Linux pasti memiliki keunggulan. Banyak alat build Anda tersedia dan terintegrasi ke dalam Linux. Dengan Docker, Anda dapat membuat lingkungan pengujian khusus dengan mudah.

Microsoft tahu tentang bagian ini dan inilah mengapa ia menciptakan WSL untuk memberi pengembang akses ke lingkungan Linux di dalam Windows. Namun, WSL tidak mendekati pengalaman Linux yang sebenarnya. Hal yang sama berlaku untuk menggunakan Docker di Windows.

Saya tahu hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang mendesain web karena alat Adobe yang didambakan belum tersedia di Linux. Tetapi jika Anda tidak membutuhkan Adobe untuk pekerjaan Anda, Linux adalah pilihan yang cukup bagus.

Mempelajari Linux adalah Keterampilan yang Harus Dimiliki!

Ada kurva belajar untuk menggunakan Linux, tetapi ini memberi Anda wawasan tentang berbagai hal.

Anda dapat mempelajari cara kerja berbagai hal dalam sistem operasi dengan menjelajahi dan menyesuaikannya, atau bahkan hanya dengan menggunakannya.

Tidak semua orang tahu cara menggunakan Linux.

Jadi, ini bisa menjadi keterampilan yang hebat untuk mendapatkan dan memperluas pengetahuan Anda tentang perangkat lunak dan komputer.

Linux adalah Keterampilan Kerja yang banyak diminati

Seperti yang saya sebutkan di atas, itu adalah keterampilan yang hebat untuk dimiliki. Tapi, tidak hanya sebatas memperluas pengetahuan Anda, itu juga berguna secara profesional.

Anda dapat bekerja dengan cara Anda untuk menjadi administrator sistem Linux atau pakar keamanan dan mengisi beberapa peran pekerjaan lain dengan mempelajari dasar-dasar Linux.

Jadi, belajar Linux membuka banyak peluang!

Ramah Privasi

Saat ini Anda tidak dapat menggunakan Windows tanpa akun Microsoft. Dan ketika Anda mengatur Windows, Anda akan menemukan bahwa ia mencoba melacak data Anda dari sejumlah layanan dan aplikasi.

Meskipun Anda dapat menemukan pengaturan tersebut dan menonaktifkannya, jelas bahwa Windows dikonfigurasi untuk mengabaikan privasi Anda secara default.

Itu tidak terjadi di Linux. Sementara beberapa aplikasi/distribusi mungkin memiliki fitur opsional untuk memungkinkan Anda berbagi wawasan yang berguna dengan mereka, itu tidak pernah menjadi masalah besar. Sebagian besar hal di Linux dirancang untuk memberi Anda privasi maksimum secara default tanpa perlu mengonfigurasi apa pun.

Apple dan Microsoft di sisi lain memiliki taktik cerdas untuk mengumpulkan data penggunaan anonim dari komputer Anda. Terkadang, mereka mencatat aktivitas Anda di toko aplikasi mereka dan saat Anda masuk melalui akun Anda.

Proyek DIY dan Self-hosting

Punya tinkerer di dalam dirimu? Jika Anda suka membuat proyek elektronik atau perangkat lunak, Linux adalah surga Anda.

Anda dapat menggunakan Linux di komputer papan tunggal seperti Raspberry Pi dan membuat hal-hal keren seperti konsol game retro, sistem otomatisasi rumah, dll.

Anda juga dapat menerapkan perangkat lunak sumber terbuka di server Anda sendiri dan memeliharanya. Ini disebut self-hosting dan memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Kurangi biaya hosting
  • Kendalikan data Anda
  • Sesuaikan aplikasi/layanan sesuai kebutuhan Anda

Jelas, Anda akan melakukan semua ini baik secara langsung dengan Linux atau alat yang dibangun di atasnya.

Kekurangan Linux

Linux bukanlah pilihan yang sempurna. Sama seperti semuanya, ada beberapa kelemahan pada Linux juga. Itu termasuk:

Kurva Pembelajaran

Sering kali ini bukan hanya tentang mempelajari keterampilan baru, ini lebih tentang merasa nyaman secepat mungkin.

Jika pengguna tidak dapat menyelesaikan tugas yang ingin mereka lakukan, itu bukan untuk mereka. Ini berlaku untuk setiap sistem operasi. Misalnya, pengguna yang menggunakan Windows/macOS, mungkin tidak merasa nyaman dengan Linux dengan cepat.

Anda dapat membaca artikel perbandingan kami untuk mengetahui perbedaan antara macOS dan Linux 

Saya setuju bahwa beberapa pengguna menangkap lebih cepat daripada yang lain. Namun, secara umum, ketika Anda melangkah ke dunia Linux, Anda harus bersedia sedikit berusaha untuk mempelajari hal-hal yang tidak jelas.

Variasi

Meskipun kami menyarankan untuk menggunakan distribusi Linux terbaik yang disesuaikan untuk pemula , memilih apa yang Anda suka pada awalnya bisa sangat melelahkan.

Anda mungkin ingin mencoba beberapa dari mereka untuk melihat apa yang paling cocok untuk Anda, yang bisa memakan waktu dan membingungkan.

Yang terbaik adalah menyelesaikan dengan salah satu distribusi Linux. Namun, jika Anda tetap bingung, Anda dapat tetap menggunakan Windows/macOS.

Pangsa Pasar di Ruang Desktop


Linux bukanlah sistem operasi desktop yang populer.

Ini seharusnya tidak menjadi perhatian pengguna. Namun, tanpa kehadiran pasar yang signifikan, Anda tidak dapat mengharapkan pengembang aplikasi membuat/memelihara alat untuk Linux.

Tentu, ada banyak alat penting dan populer yang tersedia untuk Linux, lebih dari sebelumnya. Namun, ini tetap merupakan faktor yang mungkin berarti bahwa tidak semua alat/layanan yang baik berfungsi di Linux.

Lihat artikel kami yang diperbarui secara berkala tentang pangsa pasar Linux , untuk mendapatkan ide.

Kurangnya Perangkat Lunak Kepemilikan

Seperti yang saya sebutkan di atas, tidak semua orang tertarik untuk membawa alat/aplikasi mereka ke Linux.

Karenanya, Anda mungkin tidak menemukan semua penawaran kepemilikan yang bagus untuk Windows/macOS. Tentu, Anda dapat menggunakan lapisan kompatibilitas untuk menjalankan program Windows/macOS di Linux.

Tapi itu tidak bekerja sepanjang waktu. Misalnya, Anda tidak memiliki dukungan resmi Microsoft 365 untuk Linux dan alat seperti Wallpaper Engine.

Bukan OS Gaming-first

Jika Anda ingin bermain game di komputer Anda, Windows tetap menjadi pilihan terbaik untuk dukungannya terhadap perangkat keras dan teknologi terbaru.

Ketika datang ke Linux, ada banyak "jika dan tetapi" untuk jawaban yang jelas. Anda dapat merujuk ke panduan permainan kami untuk Linux untuk menjelajahi lebih banyak jika tertarik.

Kurangnya Dukungan Teknis Profesional

Saya tahu tidak semua orang membutuhkannya. Namun, ada opsi dukungan teknis yang dapat memandu pengguna/memperbaiki masalah dari jarak jauh di laptop atau komputer mereka.

Dengan Linux, Anda dapat mencari bantuan dari komunitas, tetapi mungkin tidak semulus beberapa layanan dukungan teknis profesional.

Anda masih harus melakukan sebagian besar hit dan mencoba hal-hal Anda sendiri dan tidak semua orang menyukainya.

Kesimpulan

Saya terutama pengguna Linux tetapi saya menggunakan Windows ketika saya harus bermain game. Meskipun preferensi saya adalah Linux, saya telah mencoba untuk tidak memihak dan memberi Anda cukup petunjuk sehingga Anda dapat memutuskan apakah Linux cocok untuk Anda atau tidak.

Jika Anda menggunakan Linux dan belum pernah menggunakannya, lakukan langkah awal dan gunakan Linux di mesin virtual terlebih dahulu . Anda juga dapat menggunakan WSL2 jika Anda memiliki Windows 11.

Saya menyambut komentar dan saran Anda.

Sumber : Its Foss

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post