Windows atau Linux

Windows atau Linux - Yooossh... Selamat Sore Borr... Kali ini Kang Bayu mau mengulas tentang 2 buah Operating System yang sering Kang Bayu gunakan untuk sehari-hari.

Kalau disuruh milih lebih suka yang mana diantara Windows atau Linux?... sebenarnya Kang Bayu lebih prefer ke Sistem Operasi Linux dibanding dengan Windows... Alasannya apa? berikut alasannya (Ini berdasarkan pengalaman Kang Bayu pribadi)



Bagi Kang Bayu, Linux adalah Sistem Operasi masa depan... bagaimana tidak... hampir semua gadget yang kita miliki menggunakan OS Linux sebagai Kernel. mulai dari Smartphone, Smart TV, dll

Selain itu juga menurut Kang Bayu Linux itu lebih Prestige karena menggunakan Linux itu serasa udah menjadi seorang Hacker (padahal cuma jalanin Terminal doank... wkwkwkkwkw)

Dan yang paling utama kelebihan Linux adalah semua Aplikasinya Open Source alias Gratis, dan hampir semua Aplikasi di Windows terdapat Alternatif Aplikasinya di Linux. Seperti MS. Word alternatifnya menggunakan Libre Office, Photoshop alternatifnya menggunakan GIMP, Windows Movie Maker alternatifnya menggunakan KDEnLive, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan Windows yang hampir semua Aplikasinya berbayar bahkan Sistem Operasinya sendiripun berbayar (Walaupun beberapa orang sering menggunakan OS Bajakan, "Included me ofcourse.. wkwkwkkwkwkw").

Namun sayang disayang Kang Bayu pun tidak bisa seterusnya menggunakan Linux dikarenakan tuntutan Pekerjaan yang tidak memungkinkan pengguna linux mengerjakan beberapa Aplikasi yang harus berjalan menggunakan Windows OS.

Tapi kan di Linux sudah ada Aplikasi Wine yang bisa menjalankan Aplikasi berbasis Windows OS di Linux? 

Tidak semudah itu kawan... ternyata setelah Kang Bayu teliti... beberapa Aplikasi tidak merespon dengan benar di Linux meski menggunakan App Wine (contoh kasus kemarin yang gak berfungsi adalah Aplikasi Auto Mouse Keyboard)

Maka dari itulah Kang Bayu terpaksa migrasi kembali ke Windows OS... harapan Kang Bayu nantinya Linux OS bisa memberikan solusi supaya Aplikasi Windows bisa berjalan dengan baik di Linux atau ada Developer yang bersedia membuatkan Aplikasi Alternatif yang serupa dengan fitur yang lebih baik mungkin.. hehehehe...

Itulah dia ulasan Kang Bayu mengenai Windows atau Linux.

Silakan Share artikel ini ke Social Media kalian, bila ada yang ingin kalian tanyakan silakan tulis saja di kolom Komentar di bawah ini... Yosh... Arigatou...

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post