Khataman Al Quran WAG, Trend Membaca Al Quran ala Millenials

Khataman Al Quran WAG, Trend Membaca Al Quran ala Millenials
Khataman Al Quran WAG, Trend Membaca Al Quran ala Millenials - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kali ini Kang Bayu ingin membahas tentang suatu budaya baru dikalangan anak-anak millenials.

Di beberapa WAG (Whatsapp Group) yang Kang Bayu ikuti beberapa minggu ini, terutama group-group Hijrah terdapat budaya yang terbilang cukup baru dan inovatif yakni Khataman Al Quran secara berkala.

Admin Group memberikan Format List 30 Juz dari Al Quran yang bisa diisi dengan nama-nama peserta atau member group. Setiap member group diberi kesempatan untuk memilih juz mana yang hendak dibaca. Biasanya setiap sesi Khataman atau Tadarus Al Quran ini dilaksanakan selama 1 minggu, jadi setiap minggu bisa mengkhatamkan 30 Juz.

Setelah masing-masing member menyelesaikan tugasnya membaca bagian juz yang telah dipilihnya, maka member melaporkan kepada Admin bahwa dia sudah selesai membaca bagiannya, dan kemudian pada bagiannya dilist dicentang hijau. Begitu seterusnya sampai Khatam 30 juz.

Menurut Kang Bayu ini merupakan kebiasaan yang sangat baik dan bisa kalian contoh di WAG komunitas kalian.

Kalau dari segi Syariat adalah dalilnya? tentu saja ada... berikut dalilnya.

من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها إلى يوم القيامة

yang artinya :
“barangsiapa yang mencontohkan suatu sunnah (perbuatan) yang baik dalam Islam maka ia mendapat pahala sekaligus pahala orang lain yang mengamalkannya sampai hari kiamat”

Jadi bagi kalian yang mungkin berminat mencontoh budaya ini silakan saja. Selain untuk mensyiarkan Agama Islam. Kegiatan ini juga melatih Kejujuran dan Tanggungjawab yang telah dipilih sendiri oleh member group. jadi sangat baik untuk dilaksanakan. dan ini tidak hanya via WAG saja, kalian bisa juga menerapkan di group telegram, facebook, atau media-media sosial yang lainnya.

Demikian pembahasan Kang Bayu mengenai Budaya Khataman Al Quran WAG sebagai Trend membaca Al Quran ala Millenials. Ihdinassyirotol Mustaqim Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post