Simulasi KSMO 2020 bermasalah, Apa penyebabnya?

Simulasi KSMO 2020 bermasalah, Apa penyebabnya?
Simulasi KSMO 2020 bermasalah, Apa penyebabnya? - Pagi tadi Kang Bayu tiba-tiba di Whatsapp Pak Bos untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk simulasi KSMO 2020.

Jadwal KSMO sudah semakin dekat, kalian sudah tahu kapan Jadwalnya? cek di bawah ini :


Oh iya, akhirnya Sayapun segera bersiap-siap untuk ke kantor.

Sesampainya di kantor Kang Bayu segera menyalakan Komputer dan mempersiapkan Instalasi Aplikasi KSMO.

Sempat mengalami kendala saat Instalasi karena Windows yang Kang Bayu gunakan adalah Windows 8. Padahal Minimum Requirement nya minimal Windows 10 (minimal kok Windows 10... wkwkkwkw)

Aplikasi Safe Exambrowser yang versi terbaru tidak mau di install di Windows 8. Akhirnya Kang Bayu akali dengan menginstall Aplikasi Safe Exambrowser versi yang lebih lawas. Dan akhirnya bisa.

Setelah melakukan Instalasi dan Konfigurasi Aplikasi Safe Exambrowser tibalah saatnya untuk Beta Testing Aplikasi.

Dan Alhamdulillah Aplikasi bisa di buka dan Tampilan Login KSMO muncul. Kang Bayu bisa tenang.

Setibanya Peserta KSMO dan mencoba untuk Login. ternyata tidak bisa. Kang Bayu Panik... wwkkwkwk.

Kang Bayu coba pindah Laptop masih error, coba ganti koneksi selular tetap error juga, Akhirnya Kang Bayu coba cek di group Operator Madrasah, dan ternyata hampir semua mengalami masalah... wkwkkwkw

Dari masalah Instalasi yang Kang Bayu alami tadi, tidak bisa login seperti yang barusan, ada juga yang bisa login tapi tidak bisa menyimpan foto (harusnya tidak bisa dimulai jika belum menyimpan foto... akhirnya tidak sesuai skenario pusat) dan masih banyak lagi masalahnya.

Tadi sempat bisa terbuka tapi muncul halaman error... eh malah Kang Bayu dibilang telah TERSESAT... wkwkwkwkkwkw

Akhirnya peserta tersebut harus pindah menggunakan koneksi ditempat lain yang lebih cepat. tapi infonya juga sangat lemot pake banget... wkwkwkwk

Menurut Kang Bayu hal ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh Server yang Overload, permintaan Ping Data dari seluruh Indonesia belum mampu diterima oleh Server KSMO. akhirnya menyebabkan RTO (Request Time Out).

Kira-kira menurut kalian apa sih penyebabnya? tulis aja di kolom komentar...

Oiya... Semoga besok Simulasi untuk MTs dan lusa untuk MA berjalan dengan lancar, dan pelaksanaan di hari H bisa berjalan dengan lancar pula... aamiin... Madrasah Hebat Bermartabat.

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post