Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung saat Haid


Kang Bayu ID - Nyeri saat haid umumnya dikaitkan dengan nyeri perut bawah. Bahkan, sebuah penelitian menemukan 84 persen responden berusia 18-25 tahun mengalami nyeri haid atau dismenorea. Namun, nyeri juga bisa dirasakan pada bagian tubuh lainnya.

Dalam studi yang sama, kurang lebih seperenam dari mereka yang mengeluhkan dismenorea juga merasakan nyeri punggung saat haid.

Apa Anda termasuk di antara mereka yang mengalami keluhan serupa saat tamu bulanan datang?

Penyebab Nyeri Punggung saat Haid

Menjelang haid, jaringan pelapis rahim (endometrium) akan memproduksi hormon prostaglandin sehingga kadarnya meningkat.

Hormon ini berperan dalam proses peradangan, penyembuhan, serta menyebabkan kontraksi rahim untuk mengeluarkan darah dan jaringan dari dalam rahim.

Proses kontraksi otot tersebut tidak hanya menyebabkan kontraksi pada otot rahim, tapi juga dapat menjalar pada otot pendukung, yaitu otot punggung, pinggang, panggul, hingga paha atas.

Akibatnya, bagi beberapa orang menimbulkan keluhan nyeri punggung saat haid. Selama haid, jaringan pelapis rahim akan turut dikeluarkan.

Akhirnya, setelah beberapa hari umumnya kadar prostaglandin akan berkurang. Nyeri haid dan nyeri punggung pun biasanya akan membaik setelah beberapa hari karena alasan tersebut.

Atasi dengan Cara Ini

Meskipun mengganggu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati munculnya nyeri punggung saat haid. Berikut adalah beberapa tips jitu untuk mengatasi keluhan ini:

  • Kompres Hangat
Kompres hangat umumnya efektif untuk keluhan nyeri yang disebabkan oleh masalah otot, seperti nyeri punggung saat haid.

Saat Anda mulai merasakan nyeri, coba mandi air hangat, tempelkan botol yang diisi air hangat pada punggung, atau gunakan koyo yang memberikan sensasi hangat.

  • Pijat
Pijat umumnya dijadikan andalan saat badan merasa pegal. Memijat secara lembut area punggung yang terasa nyeri juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang Anda alami.

Tentunya, akan lebih mudah minta bantuan orang lain untuk memijat area punggung saat Anda menstruasi.

  • Istirahat dan Relaks
Cobalah untuk santai dan istirahat. Biarkan tubuh mengatasi keluhan secara alami. Ketika beristirahat, coba perhatikan posisi saat berbaring.

Pilihlah posisi paling nyaman yang tidak membuat nyeri, atau nyeri yang dirasakan jadi minimal.

  • Stretching
Anda bisa lakukan stretching ringan sekitar 10 menit tiap hari supaya otot jadi relaks dan otot tegang bisa mereda.

Olahraga lain seperti yoga dan berjalan santai juga bisa membantu mengatasi keluhan.

  • Perhatikan Pola Makan
Anda disarankan untuk menghindari alkohol, kafein, dan merokok. Berbagai bahan tersebut umumnya memperburuk keluhan nyeri.

Nah, dengan menjauhi hal-hal tersebut, Anda sudah bisa mengurangi rasa nyeri.

  • Konsumsi Obat Anti Nyeri
Tentunya, salah satu cara ampuh mengatasi keluhan nyeri adalah konsumsi obat antinyeri.

Salah satu contoh yang dapat Anda minum adalah golongan OAINS, misalnya ibuprofen. Obat ini berperan mengurangi peradangan sehingga mengatasi rasa nyeri.

Semoga dengan menerapkan beberapa tips di atas, nyeri punggung saat haid yang Anda alami dapat teratasi dengan baik. Jika nyeri punggung masih terus mengganggu, dapat memeriksakan diri lebih lanjut.
Kang Bayu ID

Santri di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Kandangan, Mengajar di Madrasah Aliyah Thoriqul Huda, Operator Madrasah, Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Redaktur Pesantren.id

Post a Comment

Previous Post Next Post