Compound Interest Keajaiban Dunia Yang Ke-8


Apa itu Bunga Majemuk?

Bunga majemuk (atau bunga majemuk) adalah bunga atas pinjaman atau simpanan yang dihitung berdasarkan pokok awal dan akumulasi bunga dari periode-periode sebelumnya. Diperkirakan berasal dari Italia abad ke-17, bunga majemuk dapat dianggap sebagai "bunga atas bunga", dan akan membuat suatu jumlah tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada bunga sederhana, yang dihitung hanya pada jumlah pokok.

Tingkat bunga majemuk yang diperoleh tergantung pada frekuensi pembungaan, sehingga semakin tinggi jumlah periode pembungaan, semakin besar bunga majemuk. Dengan demikian, jumlah bunga majemuk yang diperoleh pada $100 dengan bunga majemuk 10% per tahun akan lebih rendah daripada bunga majemuk $100 dengan bunga majemuk 5% setiap setengah tahun selama periode waktu yang sama. Karena efek bunga atas bunga dapat menghasilkan pengembalian yang semakin positif berdasarkan jumlah pokok awal, pemajemukan kadang-kadang disebut sebagai "keajaiban bunga majemuk."

Bagaimana Bunga Majemuk Bekerja

Bunga majemuk dihitung dengan mengalikan jumlah pokok awal dengan satu ditambah tingkat bunga tahunan yang dinaikkan ke jumlah periode majemuk dikurangi satu. Jumlah total pinjaman awal kemudian dikurangi dari nilai yang dihasilkan.


Bagaimana Bunga Majemuk Tumbuh Seiring Waktu

Jika Anda menginvestasikan $10.000 yang dimajemukkan setiap tahun sebesar 5%, itu akan bernilai lebih dari $40.000 setelah 30 tahun, menghasilkan lebih dari $30.000 dalam bunga majemuk.

Bunga majemuk dapat secara signifikan meningkatkan hasil investasi dalam jangka panjang. Sementara deposit $100,000 yang menerima 5% bunga tahunan sederhana akan menghasilkan $50,000 total bunga selama 10 tahun, bunga majemuk tahunan sebesar 5% pada $10,000 akan berjumlah $62.889,46 selama periode yang sama. Jika periode majemuk dibayar bulanan selama periode 10 tahun yang sama dengan bunga majemuk 5%, total bunga malah akan tumbuh menjadi $64.700,95.

Pro dan Kontra Compound Interest

Meskipun keajaiban penggabungan telah menyebabkan kisah apokrif Albert Einstein menyebutnya keajaiban kedelapan dunia atau penemuan terbesar manusia, penggabungan juga dapat bekerja melawan konsumen yang memiliki pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat tinggi, seperti utang kartu kredit. Saldo kartu kredit sebesar $20.000 yang dikenakan pada tingkat bunga majemuk 20% per bulan akan menghasilkan total bunga majemuk sebesar $4.388 selama satu tahun atau sekitar $365 per bulan.

Sisi positifnya, peracikan dapat menguntungkan Anda dalam hal investasi Anda dan dapat menjadi faktor kuat dalam penciptaan kekayaan. Pertumbuhan eksponensial dari bunga majemuk juga penting dalam mengurangi faktor pengikis kekayaan, seperti kenaikan biaya hidup, inflasi, dan penurunan daya beli.

Reksa dana menawarkan salah satu cara termudah bagi investor untuk menuai keuntungan dari bunga majemuk. Memilih untuk menginvestasikan kembali dividen yang diperoleh dari reksa dana menghasilkan pembelian lebih banyak saham dari dana tersebut. Lebih banyak bunga majemuk terakumulasi dari waktu ke waktu, dan siklus pembelian lebih banyak saham akan terus membantu investasi dalam dana tumbuh nilainya.

Pertimbangkan investasi reksa dana dibuka dengan awal $5.000 dan tambahan tahunan $2.400. Dengan pengembalian tahunan rata-rata 12% selama 30 tahun, nilai masa depan dana tersebut adalah $798.500. Bunga majemuk adalah perbedaan antara uang tunai yang disumbangkan ke investasi dan nilai investasi masa depan yang sebenarnya. Dalam hal ini, dengan memberikan kontribusi $77.000, atau kontribusi kumulatif hanya $200 per bulan, selama 30 tahun, bunga majemuk adalah $721,500 dari saldo masa depan.

Tentu saja, pendapatan dari bunga majemuk dikenakan pajak, kecuali uang itu ada dalam rekening yang dilindungi pajak; itu biasanya dikenakan pajak pada tingkat standar yang terkait dengan braket pajak wajib pajak.

Bisakah Bunga Majemuk Membuat Anda Kaya?

Ya. Faktanya, bunga majemuk bisa dibilang merupakan kekuatan paling kuat untuk menghasilkan kekayaan yang pernah ada. Ada catatan pedagang, pemberi pinjaman, dan berbagai pebisnis yang menggunakan bunga majemuk untuk menjadi kaya selama ribuan tahun. Di kota kuno Babel, misalnya, tablet tanah liat digunakan lebih dari 4.000 tahun yang lalu untuk mengajar siswa tentang matematika bunga majemuk.

Di zaman modern, Warren Buffett menjadi salah satu orang terkaya di dunia melalui strategi bisnis yang melibatkan dengan tekun dan sabar mengumpulkan hasil investasinya dalam jangka waktu yang lama. Sangat mungkin bahwa, dalam satu atau lain bentuk, orang akan menggunakan bunga majemuk untuk menghasilkan kekayaan di masa mendatang.

Kang Bayu ID

Freelancer, Web Developer, Programmer, Blogger, Youtuber, Trader, Author, Teacher

Post a Comment

Previous Post Next Post